24 Oktober 2012

Mengupas ERPNext

ERPNext merupakan Software ERP yang bersifat open source. Berikut merupakan hasil kupasan tentang modul -modul apa aja sih yang ada di ERPNext.
Gambar diatas merupakan mind map dari ERPNext

Modul modul yang ada di ERPNext yaitu
Buying atau pembelian
Modul ini menangani seluruh pembelian barang untuk menunjang kegiatan produksi. Ada purchase request, dimana kita dapat merequest barang yang hendak di order. Sedangkan purchase order adalah pengorderan barang yang direquest dan ada nominal harga yang nantinya harus kita bayar.
Seliing
Modul ini menangani seluruh penjualan. Mulai dari advertise, melihat kesempatan, targeting pasar, orderan. Selain itu modul ini juga menghasilkan analisa penjualan yang terjadi selama ini.
Stok
Modul ini mengurus semua stok. Mulai yang gada di gudang, saat akan pengiriman, dan saat ada di tangan pelanggan. Modul ini juga menghasilkan hasil analisa terhadap stok yang ada.
Accounting
Modul ini ada 3 unsur pokok. Yakni Sales invoice(bill ke customer), purchase invoice(bill ke supplier), dan journal voucher(entries ke akun-akun).  Modul ini nantinya dapat membuat buku besar yang ada dalam rumpun ilmu akuntansi. Dan juga dapat menghasilkan analisa dari Finance yang selama ini terjadi
Production
Modul ini adalah modul untuk mengurusi kegiatan produksi. Mulai dari rencana produksi, material apa yang digunakan untuk produksi, penyimpanan barang mentah maupun jadi, dan tanggla produksi.
Project
Modul ini me-list semua proyek yang terjadi, timing, dan pembagian waktu berdasarkan bulan dengan gantt chart.
Support
Modul ini adalah modul untuk menawarkan sebuah “service” kepada pelanggan yang telah membeli product perusahaan tersebut. Seperti, jika product yang dihasilkan bergaransi, berarti perusahaan harus menyediakan maintanance jika barang rusak. Selainitu, modul ini juga mengawasi, kapan mesin produksi harus di maintanance secara berkala.
Human Resource
Modul ini mengurusi absensi pegawai, cuti, izin, penggajian, sampai pada penggantian uang bila pegawai mengeluarkan uang untuk kebutuhan kantor. Modul ini pun juga mengurusi scoring dari para pegawainya

ERPNext ini juga memiliki fitur-fitur.
Activity.
Di activity ini kita bisa melihat aktivitas yang terjai pada sistem
Calendar
Pada calendar kita bisa add event. Bisa dilihat dalam bentuk dayly, weekly dan monthly layaknya claendar pada gadget dan hp.
Mesage
Kita  juga bisa memberikan pesan kepada anggota lain yang ada dalam sistem
Website
Website perusahaan juga bisa di maintain melalui sistem ini. Tidak hanya website, namun blog pun juga bisa
To do
Fitur ini sama seperti to do yan gada di hp atau gadget. Kita bisa membuat list apa yan gharus dilakukan. Bila sudah selesai, bisa di centang "Complete"
Knowledge base
Ini merupakan pengetahuan tentang perusahaan.


Sekian sedikit kupasan tentang ERPNext.
Mohon maaf bila ada yang salah ataupun kurang, jika ingin dikoreksi atau ditambah monggo di comment.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar